Kamis, 03 Maret 2011

Sekilas Tentang Desa Pasir


Profile Desa Pasir
Desa pasir adalah sebuah desa yang termasuk dalam status desa tertinggal ( meminjam istilah yang populer pada pemerintahan negara Indonesia diabawah Bapak Presiden  Suharto yaitu masa masa Orde Baru ) dengan kondisi geografis Desa Pasir pada daerah pegunungan yang berbukit bukit. Sampai sejauh ini perkembangan desa Pasir sudah mulai nampak diawali dengan masuknya jaringan listrik yang menerangi desa pasir yaitu mulai kurang lebih tahun 1999/2000, lalu pada beberapa tahun berikutnya dibangunnya pengaspan jalan ini menambah kemudahan akses dan juga mobilitas dari desa Pasir ke desa desa luar, tentu ini mengakibatkan meningkatnya pendatapan masyarak desa Pasir yang memang Pertanian sebagai profesi utamanya. Secara garis besar penduduk desa Pasir berpofesi seabagai petani, pedagang dan perantau di Jakarta dengan bekerja dan juga bewiraswasta ( berusaha mandiri ) di Jakarta.
Menurut data yang saya dapat dari rekan saya yaitu Mas Toyib ( Salah satu Pamong Desa Pasir) bahwa sampai dengan tahun 2011 jumlah Kepala Keluarga yang ada di Desa Pasir ada 674 KK (Jumlah penduduknya berapa???, Mas Toyib belum konfiramasi) yang telah menempati desa dengan luas wilayah kurang lebih 577,098 Ha yang terletak pada daerah pegunungan yang masuk dalam area Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang, desa Pasir ini berbatasan dengan Desa Pedangung yang masuk wilayah Kecamatan Bantar Bolang yang berada disebelah barat desa Pasir sedangkan sebelah selatan desa Pasir ada Desa Gunung Batu sebelah timur berbatasan dengan desa Kwasen sedangankan sebelah utara berbatasan dengan Desa Parunggalih.
Desa Pasir terdiri dari beberapa Dukuh yaitu:
  1. Dukuh Lesung
  2. Dukuh Gondang
  3. Dukuh Kali letak
  4. Dukuh Kemit
  5. Dukuh Jati Wetan
  6. Dukuh Jati Kulon
  7. Dukuh Pasir
  8. Dukuh Pring Surat
Fasilitas Umum Dan Fasiltas Sosial
1. Balai Desa
Balai Desa Pasir terletak di Dukuh Kemit ini karena Dukuh Kemit letaknya strategis karena terhubung jalan menuju daerah luar.
2. Sekolah Dasar
Di desa Pasir terdapat dua Sekolah Dasar yaitu Sekolah Dasar Negeri Pasir 01 yang terletak di Dukuh Jati Wetan dan yang satunya lagi terletak di Dukuh Lesung.
3.Sekolah Menengah Pertama
Terdapat satu sekolah setingkat SMP yaitu Mts < maaf aku belum tahu namanya> yang terletak di dukuh Kali Letak.
4.Masjid
Kurang lebih terdapat 5 Masjid dan kurang lebih 10 Mushola yang tersebar di setiap Dukuh
5.Puskesmas
Sampai dengan tulisan ini saya buat belum ada bangunan resmi untuk PUSKESMAS yang ada bangunan atau gedung yan multi fungsi buat acara Ibu ibu PKK di bagi dua dengan Bangunan untuk pelayan kesehatan Masyarakat Desa Pasir


Kepala Desa
Seperti pada umumnya sebuah desa bahwa desa itu dipimpin oleh seorang Keapala Desa. Desa Pasir sekarang ini  dipimpin oleh Kepala Desa yang bernama  Bapak BASORI (click aja kalo pngin liat fotonya), beliau Bapak Basori telah memimpin Desa Pasir selama dua priode, yang mana pada masa priode pertama beliau tidak sempat meneruskan tugasnya ini dikarenakan beliau mengundurkan diri, namun pada pemilihan berikutnya  Bapak BASORI mencalonkan diri sebagai Keapala Desa lagi dan terpilih untuk yang kedua   kalinya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar